Panduan Pelaksanaan PKL Daring di Jurusan Sistem Informasi

Dalam masa pandemik covid-19 proses akademik terkait praktek kerja harus dilakukan secara daring, baik proses pelaksanaan PKL ataupun proses lain terkait persiapan dan pelaksanaan seminar PKL di kampus.  Proses PKL meliputi pendaftaran, pemberkasan, pelaksaan, pelaporan dan pelaksanaan seminar hasil.

Untuk pelaksanaan Praktik Kerja dalam bulan Maret – September 2020 hanya bisa dilakukan dengan mekanisme daring atau online. Informasi terkait Proses Praktek Kerja secara daring. 

Berikut adalah rekap acuan referensi terkait proses Praktek Kerja di Jurusan Sistem Informasi dan Fakultas Ilmu Komputer. 

Prosedur A Pengajuan PKL

Prosedur A  – Pengajuan PKL  

Prosedur ini bagi mahasiswa yang sudah memiliki kelompok dan mempunyai lokasi tujuan PKL (pengajuan proses PKL seperti biasanya). Tetapi dalam situasi pandemik covid-19 prosedur ini tetap bisa ditempuh dengan syarat proses PKL dilakukan secara daring, sehingga mahasiswa perlu melakukan konfirmasi kepada perusahaan tempat PKL tersebut terkait PKL secara daring.

Ilustrasi Prosedur A Pengajuan PKL 

Prosedur A PKL

  1. Mahasiswa yang sudah memiliki kelompok dan tempat PKL
  2. Mahasiswa memastikan bahwa tempat PKL yang akan dituju dapat menerima pelaksanaan PKL secara daring
  3.   Mahasiswa mendapatkan konfirmasi untuk boleh melaksanakan PKL secara daring pada perusahaan tersebut
  4. Mahasiswa mengisi form pendaftaran PKL untuk pemberkasan, yang dapat diakses pada link berikut,
    Prodi SI: http://tiny.cc/daftarpklprodisi
    Prodi TI & PTi: https://bit.ly/JSIdaftarPKL_TI-PTI
  5. Prodi dan Jurusan memproses pemberkasan dokumen pengajuan PKL
  6. Mahasiswa dapat mulai melaksanakan PKL secara daring

Prosedur B Pengajuan PKL Daring

Prosedur B Pengajuan PKL Daring

Prosedur ini bagi mahasiswa yang sudah memiliki kelompok dan belum memilki tempat tujuan PKL, atau yang dibatalkan PKL nya karena tidak bisa melakukan PKL Daring 

Prosedur B PKL

  1. Mahasiswa sudah mempunyai kelompok PKL, tapi belum memiliki tempat PKL, atau tempat PKL membatalkan atau menolak PKL daring
  2. Mahasiswa mengisi Form PKL Daring JSI untuk pendataan, pada link berikut,
    https://bit.ly/JSI-kelompokPKL 
  3. Mahasiswa melamar (apply) PKL internal/eksternal melalui portal daring JSI, pada link berikut,
    https://jsi-daring.ub.ac.id/lowongan/
  4. Kaprodi memfasilitasi pencarian dan penentuan perusahaan tujuan PKL bagi mahasiswa
  5. Mahasiswa mendapatkan perusahaan PKL internal/eksternal melalui Kaprodi
  6. Mahasiswa mengisi form pendaftaran PKL untuk pemberkasan, yang dapat diakses pada link berikut,
    Prodi SI: http://tiny.cc/daftarpklprodisi
    Prodi TI & PTi: https://bit.ly/JSIdaftarPKL_TI-PTI
  7. Prodi dan Jurusan memproses pemberkasan dokumen pengajuan PKL
  8. Mahasiswa dapat mulai melaksanakan PKL secara daring

Prosedur Pendaftaran PKL

Mekanisme pengajuan Praktik Kerja Lapangan (PKL):

  1. Mahasiswa mendaftar PKL Daring melalui link Google Form dari Program Studi, dengan asumsi telah mendapatkan konfirmasi lokasi PKL Daring.
  2. Mahasiswa menunggu proses pembuatan surat pengantar pelaksanaan PKL dan penentuan dosen pembimbing PKL
  3. Surat pengajuan pelaksanaan PKL yang sudah selesai dan Informasi Dosen Pembimbing dikirimkan ke email mahasiswa. 
  4. Mahasiswa mengirimkan surat pengantar pelaksanaan PKL ke instansi tujuan.
  5. Mahasiswa menghubungi dosen pembimbing yang direkomendasikan.
  6. Mahasiswa melakukan tindak lanjut (Follow up) secara berkala ke instansi terkait surat pengajuan PKL yang sudah dikirimkan.
  7. Mahasiswa mengirimkan surat balasan / konfirmasi pelaksanaan PKL dari instansi ke email Jurusan. 
  8. Mahasiswa melaksanakan PKL sesuai dengan waktu yang sudah disepakati pihak Instansi dan melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing secara berkala.
  9. Apabila dalam waktu 1 bulan atau lebih belum menerima konfirmasi dari pihak Instansi, Mahasiswa berhak mengajukan pembatalan pengajuan PKL dengan memproses surat pembatalan melalui staf program studi, dan dapat mengajukan pelaksanaan PKL di tempat lain. 

Prosedur Pendaftaran & Pelaksanaan Seminar Hasil PKL

Pendaftaran dan Pelaksanaan Seminar Hasil PKL

Mekanisme Pendaftaran dan Pelaksanan Seminar Hasil PKL :

  1. Mahasiswa mengisi form pendaftaran seminar hasil PKL (Form 3A)
  2. Mahasiswa mengisi Google Form Pendaftaran Seminar Hasil PKL
  3. Mahasiswa menunggu proses penjadwalan seminar hasil dari Jurusan
  4. Undangan Seminar Hasil akan dikirimkan ke email mahasiswa
  5. Mahasiswa menguhubungi dosen Fasilitor Seminar Hasil PKL yang telah ditunjuk untuk mengkonfirmasi kesediaannya
  6. Staf prodi mengirimkan Formulir penilaian Seminar hasil kepada dosen fasilitator
  7. Mahasiswa melakukan presentasi Seminar Hasil Secara daring kepada Dosen fasilitator.
  8. Dosen fasilitator mengisi formulir penilaian dan mengirimkan kembali ke staf program studi.
  9. Staf program studi mengirimkan formulir revisi laporan seminar hasil dan formulir penilaian dari dosen pembimbing ke email mahasiswa.
  10. Mahasiswa menyusun revisi dan melakukan bimbingan via daring dengan dosen pembimbing, serta menyerahkan form penilaian dari dosen pembimbing untuk diisi.
  11. Selesai revisi, mahasiswa mengajukan persetujuan laporan akhir kepada Dosen Pembimbing. 
  12. Mahasiswa mencetak laporan akhir PKL yang sudah disetujui Dosen Pembimbing dan diserahkan ke loket akademik yang sudah disediakan.
  13. Staf Admin Program studi mengambil Laporan PKL yang ada di loket yang sudah disediakan, kemudian disampaikan ke admin Jurusan untuk ditandatangan Ketua Jurusan.
  14. Laporan akhir yang sudah selesai ditandatangi oleh Ketua Jurusan , oleh staf admin Program Studi diletakkan di loket pengambilan laporan yang sudah ditentukan.
  15. Mahasiswa mengunggah nilai dari dosen pembimbing melalui Google Form yang sudah disediakan.
  16. Mahasiswa menunggu proses pengisian nilai akhir PKL di SIAM oleh staf program studi

Panduan PKL Daring JSI

PENGUMUMAN KETUA JURUSAN SISTEM INFORMASI

Berdasarkan Surat Edaran Dekan Fakultas Ilmu Komputer Nomor: 2189/UN10.F15/PP/2020 tanggal 2 April 2020, maka Jurusan Sistem Informasi telah membuat panduan implementasi teknis pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara daring selama masa pandemik covid-19 bagi mahasiswa program sarjana di lingkungan Jurusan Sistem Informasi sebagai berikut:

      1. PKL yang dilaksanakan dalam periode bulan Mei – September 2020 dilaksanakan secara daring.
      2. Mahasiswa yang sudah mendapatkan konfirmasi tempat PKL pada instansi lain di luar FILKOM, segera melakukan komunikasi dengan instansi tersebut untuk memastikan bahwa PKL dapat dilakukan secara daring.  Jika
        tidak memungkinkan PKL daring, maka mahasiswa harus segera mengajukan surat permohonan pembatalan PKL melalui Akademik Jurusan via form daring yang telah disediakan pada link berikut: (link: https://bit.ly/JSI_PembatalanPKL).
      3. Mahasiswa dapat mengajukan pendaftaran PKL daring dengan opsi sebagai berikut:
        1. PKL daring eksternal pada perusahaan atau Usaha Kecil Mandiri (UKM) yang membutuhkan tenaga mahasiswa yang difasilitasi oleh Jurusan Sistem Informasi.
        2. PKL daring internal Filkom dengan pekerjaan yang disediakan oleh pihak Fakultas atau Unit Kerja didalamnya termasuk Jurusan / Program Studi / Laboratorium / PSIK / unit kerja Lainnya.
        3. PKL daring internal mandiri dengan topik-topik tertentu yang disetujui oleh dosen pembimbing dan Ketua Program Studi (Kaprodi).
      4. Untuk mekanisme Pendaftaran PKL daring eksternal dengan ketentuan sebagai berikut:
        1. Mahasiswa melakukan pendaftaran daring pada sistem yang disediakan oleh Jurusan melalui website http://jsi-daring.ub.ac.id/lowongan/ sesuai perusahaan yang menawarkan lowongan PKL.
        2. Proses seleksi akan dilakukan oleh perusahaan tersebut secara langsung atau atas rekomendasi Ketua Jurusan atau Kaprodi.
        3. Mahasiswa yang diterima akan diproses melalui Jurusan untuk pemberkasan pengajuan PKL secara resmi.
        4. Pelaksanaan PKL langsung dibawah arahan pihak perusahaan atau UKM
      5. Untuk mekanisme Pendaftaran PKL daring internal dengan ketentuan sebagai berikut:
        1. Mahasiswa melakukan pendaftaran daring melalui form yang disediakan pada link berikut https://bit.ly/JSI-kelompokPKL
        2. Proses penawaran topik PKL daring akan diberikan melalui Ketua Program Studi yang dibantu oleh Koordinator KJF masing-masing prodi, atau mahasiswa mengajukan topik mandiri yang disetujui oleh Kaprodi.
        3. Mahasiswa yang telah mendapatkan topik akan diproses pemberkasan melalui Jurusan.
        4. Pelaksanaan PKL langsung dibawah arahan dosen pembimbing yang ditunjuk oleh Jurusan.
      6. Bentuk pekerjaan PKL daring eksternal maupun internal mandiri yang bisa dilakukan antara
        lain adalah:
        • Pengembangan Sistem Informasi: Pengembangan Aplikasi Mobile/Web, Desain UX/UI, Ilustrator / Desain Grafis, Maintenance Web/Aplikasi
        • Manajemen Data: Manajemen Proses Bisnis, Pengolahan Data, Analisis Data
        • Pengembangan Konten Digital: Content Creator, Video Editing, Pembuatan Konten Bahan Ajar
        • Digital Marketing: Social Media Admin, Script
          Writer
          (Penulis Narasi), Marketing
        • IT Audit / Evaluation
      7. Pengajuan PKL dari jalur lomba masih tetap diperbolehkan.
      8. Pengajuan PKL daring bisa dilakukan sampai dengan akhir bulan Juni Semester Genap 2019/2020.

Kumpulan Form PKL

FORM PKL

Pendataan Penawaran PKL Eksternal (Industri & UKM)

Bagi pihak industri ataupun UKM yang membutuhkan tenaga mahasiswa untuk praktik kerja silahkan mengisikan pada form berikut ini.

https://bit.ly/JSIUB-daftarPKL/